LAPORAN PKL YAKULT


Puji syukur kami  panjatkan kehadirat Allah swt, karena berkat rahmat dan karunia-Nya kami dapat menyelesaikan laporan ini. Shalawat serta salam marilah kita sampaikan kepada Presiden Revolusi Islam Sedunia yakni Habibana wanabiyana Muhammad SAW. Tujuan dibuatnya laporan kuliah palangan untuk memenuhi tugas mata kuliah Praktikum Mikrobiologi.
Terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam menyelesaikan tugas mata kuliah  ini, dan mudah–mudahan  laporan ini dapat bermanfaat khususnya bagis kami selaku penulis, umumnya bagi siapa saja yang membacanya. Amiin.
Mohon maaf dalam penyusunan laporan ini banyak sekali kesalahan dan kekhilafan, karena kami masih dalam rangka belajar, dimohon kepada para pembaca untuk memberikan kritik dan saran demi memperbaiki laporan ini.
 



DAFTAR ISI


Kata Pengantar................................................................................................. i
Daftar Isi.......................................................................................................... ii
BAB I Pendahuluan......................................................................................... 1
A.    Tujuan Penelitian.................................................................................. 1
B.     Waktu Dan Tempat Penelitian.............................................................. 1      
BAB II Pembahasan......................................................................................... 2
A.    Landasan Teori..................................................................................... 2
B.     Hasil Pengamatan................................................................................. 8
C.     Pertanyaan dan Jawaban ..................................................................... 10
BAB III Kesimpulan........................................................................................ 14


BAB I
PENDAHULUAN


A.    Tujuan Penelitian
  1. Mengamati proses pembuatan minuman yakult
  2. Mengetahui jenis bakteri yang dimanfaatkan dalam pembuatan yakult
  3. Mengetahui manfaat-manfaat minuman yakult

B.     Waktu Dan Tempat Penelitian
  1. Waktu Penelitian         : Jumat, 07 Desember 2012
  2. Tempat Penelitian       : PT. Yakult Indonesia Persada, terletak di Kawasan Industri Indolakto. Desa Pasawahan, Cicurug Sukabumi, Jawa Barat 43359. Telp: 0266-733130



BAB II
PEMBAHASAN


A.    Landasan Teori
1.      Sejarah Yakult
Yakult (Yakuruto) adalah minuman probiotik mirip yogurt yang dibuat dari fermentasi skimmed milk dan gula dengan bakteri Lactobacillus casei. Karena L. casei Shirota dapat ditemui dalam sistem pencernaan, Yakult dipromosikan sebagai minuman yang baik untuk kesehatan. Minuman yang mengandung bakteri yang bermanfaat untuk menekan pertumbuhan bakteri jahat. Namanya berasal dari jahurto, bahasa Esperanto untuk "yoghurt".
Yakult ditemukan oleh doktor Minoru Shirota pada 1930. Pada 1935, ia mendirikan Yakult Honsha Co., Ltd. (Kabushiki-gaisha Yakuruto Honsha?) untuk memasarkan minuman ini. Sejak saat itu, Yakult telah memperkenalkan berbagai minuman yang mengandung bakteri Bifidobacterium breve, dan telah menggunakan lactobacilli untuk mengembangkan kosmetika. Yakult Honsha juga memainkan peran penting dalam penelitian obat kemotrapi irinotecan.
Yakult juga memiliki salah satu tim bisbol terbesar di Jepang, Tokyo Yakult Swallows. Saat ini, Yakult diproduksi dan dijual di Jepang, Asia, Australia, Amerika Latin, dan Eropa, walaupun bakterinya masih diimpor dari Jepang.
Untuk menerapkan Shirota-ism, dimulai dari Jepang Yakult terus menyebarluaskan manfaat Yakult ke seluruh dunia. Diluar Jepang Yakult mulai diproduksi dan dipasarkan di Taiwan pada tahun 1964, kemudian diikuti dengan hal yang sama di negara-negara lainnya di Asia, Australia dan Eropa. Sampai saat ini jaringan global Yakult berkembang meliputi 27 negara dan dikonsumsi sebanyak 25 juta botol setiap hari.
Melalui penggalian terhadap ilmu pengetahuan, Yakult terus berusaha menemukan cara baru untuk membuat hidup kita lebih sehat dan berkualitas.
Untuk mendukung aktifitas ini pada tahun 1967 telah didirikan lembaga pusat Yakult untuk penelitian mikrobiologi (Yakult Central Institute for Microbiological Research) di Tokyo.

2.      Manfaat Yakult
Dengan mengkonsumsi Yakult setiap hari berarti kita memasukkan sekurang-kurangnya 6,5 milyar bakteri Lactobacillus casei Shirota strain hidup kedalam usus kita. Usus kita memainkan peran yang penting dalam kesehatan kita. Bahkan proses penuaanpun dimulai dari usus. Karena itu yang terpenting dalam menjaga kesehatan adalah menjaga kesehatan usus. Manfaat Yakult adalah terletak pada bakterinya yang mampu hidup sampai usus kita karena itu bakteri ini dapat memberikan manfaat seperti:
a.       Mencegah gangguan pencernaan
b.      Meningkatkan daya tahan tubuh
c.       Meningkatkan jumlah bakteri berguna dalam usus
d.      Mengurangi racun dalam usus
e.       Membatasi jumlah bakteri yang merugikan dalam usus.

3.      Bakteri Lactobacillus Casei Shirota Strain 
Lactobacillus casei Shirota strain adalah salah satu bakteri baik dalam tubuh kita. Pada tahun 1930, almarhum Dr. Minoru Shirota, pendiri perusahaan Yakult, telah berhasil mengkulturkan berbagai jenis bakteri asam laktat dan memilih satu jenis bakteri yang bersifat paling tahan terhadap cairan pencernaan.
Di samping itu, Dr. Minoru Shirota juga memperkuatnya sehingga menjadi strain baru yang unggul. Karena itu, berbeda dengan bakteri lain, bakteri ini dapat menaklukkan berbagai hambatan fisiologis seperti asam lambung dan cairan empedu sehingga dapat mencapai dan bertahan hidup dalam usus manusia.
Dari dalam usus bakteri ini membantu meningkatkan kesehatan kita dengan cara mengaktifkan sel-sel kekebalan, meningkatkan jumlah bakteri berguna, dan mengurangi jumlah bakteri yang merugikan.
Yakult merupakan produk susu fermentasi dengan menggunakan starter tunggal yaitu Dornic atau 0,5% asam Lactobacillus casei. Kecepatan pertumbuhan bakteri ini berkisar 50 laktat setelah 48 jam. Lactobacillus casei berbentuk batang tunggal dan termasuk golongan bakteri heterofermentatif, fakultatif, mesofilik, dan berukuran lebih kecil dari pada Lactobacillus bulgaricus, Lactobacillus acidophillus, dan Lactobacillus helveticus. Lactobacillus casei akan merubah ribosa menjadi asam laktat dan asam asetat, perubahan ribosa diinduksi oleh faseketolase (Kurman, 1992).
Pembuatan yakult menurut Kurman (1992) adalah dengan cara susu disterilisasi terlebih selama 3 sampai 4 detik, kemudian ditanamkan Lactobacillus caseidahulu pada suhu 140 °C selama empat hari. Nilai gizi yakult yaitu protein (Strain shirota) diinkubasi pada suhu 37° C, 1,2%, lemak 0,1%, mineral 0,3%, karbohidrat 16,5%, air 81,9%, dan nilai kalori tiap 100 g.
Menurut Margawani (1995), Lactobacilllus casei adalah galur unggul yang mudah dan cocok untuk dikembangbiakkan dalam minuman dasar susu. Selain bakteri ini mampu bertahan dari pengaruh asam lambung, juga mampu bertahan dalam cairan empedu sehingga mampu bertahan hidup hingga usus halus.
Gambar Lactobacillus casei Shirota strain
4.      Pembuatan Yakult
Yakult dibuat dengan cara memfermentasi campuran susu bubuk skim dan glukosa menggunakan bakteri Lactobacillus casei Shirota strain, bakteri unggul hasil seleksi dan temuan Dr. Minoru Shirota yang diteruskan sampai saat ini oleh Yakult Central Institute for Microbiological Research.
Yakult dibuat dari bahan-bahan:
a.       Bakteri Lactobacillus casei Shirota strain hidup
b.      Susu bubuk skim 3,3 %
c.       Sukrosa (tebu) 14,8 %
d.      Glukosa (singkong)
e.       Dekstromonohidrat
f.       Flavour oil 0,3 %
g.      Air 81,1 %
h.      Biji plastik (untuk pembuatan botol)
i.        Almunium foil (untuk penutup botol)     
Yakult tidak memakai bahan pengawet. Yakult dapat bertahan sejak pembuatannya sampai dengan tanggal kadaluwarsanya karena:
a.       asam laktat yang dihasilkan secara alami selama proses fermentasi dapat memperpanjang umur simpannya.
b.      pembuatannya secara hygienis
c.       penyimpanannya pada suhu dibawah 10°C

5.      Proses Permentasi
Proses produksi yang pertama disebut proses pembibitan dimana bakteri Lactobacillus casei yang khusus didatangkan dari Jepang dicampur dengan glukosa dan susu bubuk skim. Glukosa merupakan media bagi bakteri ini untuk hidup. Pembelahan bakteri ini cukup lama sekitar 1 hari setiap pembelahannya. Proses ini dilakukan selama 1-4 hari didalam inkubator, setelah itu dipindakan kedalam inkubator yang berisi sukrosa & aroma untuk membentuk yakon(Yakult Konsentrat) selama 1 minggu. Kemudian diencerkan dengan air dan dikemas didalam botol plastik yang dibuat dari polistiren.
Berikut dijelaskan tahap-tahap pembuatan yakult beserta peralatannya:
1.       Tangki pelarutan

Bahan-bahan utama yaitu susu bubuk skim dan glukosa dicampur dengan air dan ditampung dalam tangki pelarutan.



2.      Tangki pembibitan
Dalam tangki ini bibit bakteri Lactobacillus Casei Shirota Strain disiapkan dan dikembangbiakkan.
3.      Tangki fermentasi
Selanjutnya bibit bakteri Lactobacillus Casei Shirota Strain dicampur dengan campuran bahan-bahan di no. 1 diatas dan dimasukkan kedalam tangki fermentasi. Suhu tangki sekitar 37oC. Bakteri akan tumbuh dengan baik pada konsentrasi optimumnya.

Gbr. Tangki fermentasi

4.      Proses homogenizer
Tahap berikutnya dilakukan proses Homogenizer dan diawasi secara ketat.
5.      Tangki pencampur
Hasil proses homogenizer tersebut dicampur dengan sirup dari tangki sirup dan disimpan dalam tangki pencampur.

6.       Tangki penampung
Kemudian hasil dari proses no. 4 tersebut dicampur dengan air yang sudah di sterilisasi dan ditampung didalam tangki penampung.
7.      Mesin pembuat botol
Untuk menjaga higienitas dari Yakult, maka proses pembuatan botol dilakukan sendiri oleh Yakult Indonesia.
8.      Mesin pengisian
Selanjutnya minuman Yakult sudah siap diisi ke dalam botol. Di botol tersebut juga dicetak semua informasi yang ada seperti kandungan nutrisi, tanggal kadaluwarsa, dll.

Gbr. Proses pengisian Yakult ke dalam botol

9.      Mesin pengepakan
Botol-botol yang sudah terisi untuk selanjutnya dikemas dalam kemasan dimana 1 kemasan ( packing ) terdiri dari 5 botol Yakult.
10. Ruang pendingin
Kemasan yang berisi botol Yakult disimpan dalam ruang pendingin untuk menjamin kualitas dari minuman kesehatan Yakult. Yakult harus selalu disimpan pada suhu dibawah 10°C karena pada kondisi tersebut bakteri Yakult tidak aktif sehingga kualitas Yakult dapat dipertahankan terjaga. Penyimpanan pada suhu diatas 10°C akan mengakibatkan turunnya kualitas karena bakteri Yakult aktif, menghasilkan asam laktat yang menyebabkan Yakult menjadi asam dan jumlah bakteri hidupnya akan menurun.



B.     Hasil Pengamatan
Area depan Pabrik Yakult
Penemu Bakteri : Shirota Strain
Proses Produksi







C.    Pertanyaan dan Jawaban
1.      Kapankah berdirnya PT. Yakult ?
Jawab:
PT. Yakult berdiri pada tanggal 2 Februari 1990.
2.      Mengapa di beri nama Yakult ? apakah ada artinya ?
Jawab:
Yakult berasal dari nama yakulto (bahasa jepang) yang artinya minuman susu permentasi.
3.      Asal mulanya darimana minuman yakult ini muncul dan di kembangkan di indonesia sehingga menjadi pabrik dalam skala besar?
Jawab:
Dimulai dari Jepang Yakult terus menyebarluaskan manfaat Yakult ke seluruh dunia. Diluar Jepang Yakult mulai diproduksi dan dipasarkan di Taiwan pada tahun 1964, kemudian diikuti dengan hal yang sama di negara-negara lainnya di Asia, Australia dan Eropa. Sampai saat ini jaringan global Yakult berkembang meliputi 27 negara dan dikonsumsi sebanyak 25 juta botol setiap hari.
Melalui penggalian terhadap ilmu pengetahuan, Yakult terus berusaha menemukan cara baru untuk membuat hidup kita lebih sehat dan berkualitas.
Untuk mendukung aktifitas ini pada tahun 1967 telah didirikan lembaga pusat Yakult untuk penelitian mikrobiologi (Yakult Central Institute for Microbiological Research) di Tokyo.
4.      Jenis minuman apa saja yang diproduksi oleh PT. Yakult ?
Jawab:
Yakult original, dan yakult ace
5.      Sebutkan bahan-bahan pembuatan minuman yakult ?
Jawab:
Bahan yang dibutuhkan yaitu:
a.       Bakteri Lactobacillus casei Shirota strain hidup
b.      Susu bubuk skim 3,3 %
c.       Sukrosa (tebu) 14,8 %
d.      Glukosa (singkong)
e.       Dekstromonohidrat
f.       Flavour oil 0,3 %
g.      Air 81,1 %
h.      Biji plastik (untuk pembuatan botol)
i.        Almunium foil (untuk penutup botol)
6.      Apabila menggunakan mikroorganisme, sebutkan namanya! dan mengapa menggunakan jenis tersebut?
Jawab
Lactobacillus casei shirota strain, karena terbukti aman bagi manusia dan hambatan fisiologis seperti asam lambung dan cairan empedu sehingga dapat mencapai dan bertahan hidup dalam usus manusia.
7.      Jenis susu apakah yang di gunakan dalam pembuatan yakult ? (missal rendah lemak) jelaskan alasannya!
Jawab:
Jenis susu bubuk skim, lemak sudah tidak ada atau tanpa lemak
8.      Dari manakah bahan-bahan dasar tersebut diperoleh ?
Jawab
Lactobacillus casei Shirota strain di import dari jepang, karena sudah di patenkan  dan susu bubuk skim dari Australia
9.      Bagaimana proses pembuatan yakult ?
Jawab:
a.       Pelarutan susu skim + glukosa ke dalam tangki
b.      Lactobacillus casei Shirota strain di bibitkan dengan cara fermentasi dengan tangki lalu di kirim melalui pipa ke tangki fermentasi selama 1 minggu sampai menghasilkan rasa asam dari asam laktat dengan homogenizes untuk proses pencampuran sehingga gumpalan hasil fermentasi menajdi lembut
c.       Kemudian pencetakkan dengan mesin injection and blow moulding di lakukan pengujian meseleksi mesin selector
d.      Pengisian botol di isi dengan cairan yakult
e.       Dikemas dengan mesin packing dua warna, lady dan biasa
f.       Ruang pendingin 0-10o C
g.      Dan selanjutnya dilakukan pengujian tahap sample
10.  Jelaskan factor-faktor apa saja yang mempengaruhi proses produksi yakult (missal ph, suhu dan nutrisi untuk pertumbuhan mikroba)!
Jawab:
pH = 3-4
Suhu = UHT/KTST
Nutrisi = glukosa susu untuk skim
11.  Bagaimana cara untuk menjaga kualitas strain bakteri ?
Jawab:
Dengan cara menyimpannya (produk yakult) dalam lemari pendingin karena mikroorganisme tidak aktif bekerja sehingga kualitas tetap terjaga.
12.  Apakah ada laboratorium khusus untuk mengembangkan strain bakteri tersebut ?
Jawab:
Ada, yaitu pada tujuh tangki pada ruang pembibitan.
13.  Berapakah jumlah produksi yakult  dalam perhari, perminggu, dan perbulan ?
Jawab:
Pada tahun 2012 ini yakult dapat memproduksi 3.700.000 lebih botol perhari, 30jt perminggu dan 1,11 jt perbulan.
14.  Bagaimana cara untuk menjaga kualitas produk mulai dari proses produksi sampai produk berada di pasaran? Dan bagaimana mengendalikan produk di pasaran mengingat waktu kadaluarsa yang relative singkat ?
Jawab:
Agar produk tetap terjaga isinya, kami menyarankan agar yakult dimasukkan ke dalam pendingin pada suhu antara 0-10oC karena pada kondidi tersebut bakteri yakult tidak aktif sehingga dapat terjaga. Penyimpanan pada suhu diatas 10oCakan mengakibatkan turunnya kualitas dari bakteri tersebut. Dan untuk yakult yang tidak laku kami langsung ambil dan di buang sebagai limbah.
15.  Dimanakah sebaiknya minuman yakult di simpan ? Jelaskan mengapa!
Jawab:
Di dalam pendingin suhu 0o_10o C. Karena penyimpanan didalam pendingin akan menjaga bakteri Yakult tetap non aktif.
16.  Berapa lama yakult tahan dalam kondisi suhu ruangan ?
Jawab:
40    hari
17.  Bagaimana cara Yakult bisa berhasil bisa menembus pasaran hingga banyak konsumen yang mengkonsumsi dan dapat bersaing dengan produk lain?
Jawab:
Dengan sistem distribusi diantaranya:
1.      System direct sales
a.       Toko tradisional
b.      Toko modern
2.      Yakult lady
a.       Peminum langsung
b.      Toko tradisional kecil




BAB III
KESIMPULAN


Yakult merupakan minuman susu fermentasi yang baik untuk kesehatan. Satu botol Yakult berisi lebih dari 6,5 milyar bakteri Lactobacillus casei Shirota strain hidup. Produk minuman kesehatan Yakult sangat sensitif terhadap temperatur. Perubahan temperatur sangat berpengaruh terhadap bakteri Lactobacillus casei Shirota strain yang terdapat dalam minuman Yakult. Bakteri Yakult harus dipertahankan hidup, karenanya harus diusahakan agar setelah dibotolkan, bakteri-bakteri tersebut tidak lagi melakukan proses fermentasinya. Untuk itu Yakult harus selalu disimpan didalam pendingin (dibawah 10°C) karena penyimpanan didalam pendingin akan menjaga bakteri Yakult tetap non aktif.
Mikroorganisme menghasilkan karakteristik fisik di akhir proses fermentasi, terutama dalam hal tekstur, flavor, dan aroma. Umumnya, starter kultur campuran dapat memberikan kombinasi flavor dan aroma yang lebih baik terhadap produk akhir. Mikroorganisme yang digunakan sebagai starter harus memiliki viabilitas yang tinggi, aktif, dan tersedia dalam jumlah yang banyak selama waktu penyimpanannya sampai saat dikonsumsi. Syarat minimal jumlah bakteri yang terkandung dalam minuman susu fermentasi adalah 106-109 koloni/ml saat produk tersebut dikonsumsi sehingga mampu memberikan pengaruh positif bagi kesehatan.
Keistimewaan yakult terletak pada umur simpan yang lebih panjang dibanding susu segar. Hal ini membuat yakult lebih mudah dalam penanganan dan penyimpanan, serta delivery. Keasamannya yang tinggi (pH<4.5).
Disqus Comments